Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Bijak Dalam Memberikan Hadian dan Hukuman

Kadang-kadang kita menghadapi saat-saat anak tidak menuruti keinginan atau perintah kita. Bagaimana perasaan kita? “Haduh, kesel kalau an...

Kadang-kadang kita menghadapi saat-saat anak tidak menuruti keinginan atau perintah kita. Bagaimana perasaan kita? “Haduh, kesel kalau anak gak bisa dikasih tahu,” kata seorang ibu yang anaknya sudah masuk usia 8 tahun. “Jengkel,” kata ibu lain.

Apa reaksi ibu-ibu yang saya tanyai? “Ya saya gak tahan untuk tidak membentak.” “Kalau saya ya marah, lalu langsung keluar kata-kata mengancam atau memberinya konsekuensi atau hukuman. Misalnya handphonenya saya ambil atau tidak boleh main keluar hari itu,” kata ibu yang anak laki-lakinya sangat aktif.

Sudah tepatkah hukuman yang kita berikan kepada anak? Hukuman biasanya diberikan agar anak jera dan berhenti melakukan perilaku yang tidak diharapkan.

Namun hukuman tidak selamanya baik, apabila hukuman yang diberikan tidak ada hubungannya dengan perilaku anak. Kadang-kadang hukuman merupakan pelampiasan dari kemarahan orang tua. Misalnya, Anak nakal, uang jajan dikurangi. Apa hubungannya dengan ‘kesalahan’ yang dia lakukan?

Dalam memberi hukuman, orang tua perlu berhati-hati, karena hukuman yang tidak tepat dapat menyebabkan tingkah laku buruk kronis pada anak. Jadi hukuman yang diberikan harus berkaitan dengan perilakunya.

Dalam memberi hukuman, yang paling penting adalah orang tua memperkenalkan konsekuensi: konsekuensi alami dan konsekuensi logis dari perilaku yang ia tampilkan. Misalnya anak tidak mau mandi pagi di akhir pekan. Konsekuensi alaminya kalau tidak mandi berarti badannya bau dan kotor. Sedangkan konsekuensi logisnya adalah karena tidak mau mandi, jadi belum siap untuk pergi, maka ditinggal ayah, ibu, dan kakak pergi ke jalan-jalan.

Dalam menerapkan konsekuensi orang tua perlu konsisten, jangan karena alasan tidak tega atau kasihan jadi kehilangan kepercayaan dan kewibawaan dari anak Hukuman biasanya diberikan kalau perilaku anak tidak sesuai harapan, namun ada juga penghargaan yang biasanya diberikan saat anak melakukan hal yang baik. Seringkali orang tua salah kaprah tentang pemberian penghargaan kepada anak.

Bijak Dalam Memberi Hadiah

Penghargaan atau hadiah memang dapat memantapkan perilaku yang kita harapkan dari anak. Tapi ada dampak negatifnya juga lho.. Kalau terlalu sering memberi hadiah, kita jadi membiasakan anak memperoleh upah dari apa yang dilakukan. Tidak heran, kalau anak sekarang selalu “deal-dealan” kalau diminta mengerjakan sesuatu. Misalnya: aku mau nganterin mama kepasar, tapi nanti aku boleh nonton tv sampai malem ya...

Bagaimana agar penghargaan atau hadiah jadi hal yang positif?Jadikan hadiah sebagai surpise atau kejutan. Hadiah diberikan setelah anak menampilkan perilaku yang kita harapkan dan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Beritahu anak apa yang sudah ia lakukan, sehingga ia diberi hadiah. Hal ini diharapkan dapat membuat anak mengulangi lagi perilaku tersebut. Selamat memberi hadiah yang tepat.(*)

Sumber Majalah YM

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Bijak Dalam Memberikan Hadian dan Hukuman
Bijak Dalam Memberikan Hadian dan Hukuman
https://2.bp.blogspot.com/-ZNXeq41AHBE/WDOb93qCTII/AAAAAAAAAHM/N-QG36hvIeU6OIBitimazT4PzINZA1OtACLcB/s320/57748e7cb528e-ajarkan-4-hal-ini-agar-anak-menjadi-pribadi-yang-kuat_663_382.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZNXeq41AHBE/WDOb93qCTII/AAAAAAAAAHM/N-QG36hvIeU6OIBitimazT4PzINZA1OtACLcB/s72-c/57748e7cb528e-ajarkan-4-hal-ini-agar-anak-menjadi-pribadi-yang-kuat_663_382.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/bijak-dalam-memberikan-hadian-dan.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/bijak-dalam-memberikan-hadian-dan.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock