Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Harusnya Guru Tetap Digugu dan Ditiru

Keprihatinan terhadap dunia pendidikan, utamanya tenaga pengajar dilontarkan oleh Ketua Komisi Nasional Pendidikan (KNP) RI, Deddy Chasb...

Keprihatinan terhadap dunia pendidikan, utamanya tenaga pengajar dilontarkan oleh Ketua Komisi Nasional Pendidikan (KNP) RI, Deddy Chasbullah. “Potret guru jaman sekarang sungguh sangat sangat luar biasa dan bisa dilihat sendiri di lapangan. Guru yang mestinya tetap dan harus selalu digugu dan ditiru tapi ternyata peran itu sudah berkurang, bukan apa-apa, itu semua karena terlalu banyak tugas akhir guru yang lebih bersifat adminitratif,” kata Deddy dalam sebuah acara peringatan Hari Guru ke-23 di Porong Kabupaten Sidoarjo, Jumat (25 Nopember) lalu . 

Tugas guru itu mengajar dan mendidik, jangan bebankan guru dengan tugas administrasi karena guru itu sudah lelah. Apalagi berdasar perubahan kurikulum yang baru; guru mendapat tugas dan peran penting untuk mendidik siswa, bukan sekadar mengajarkan materi pembelajaran. Dengan demikian pemerintah juga harus menjamin bahwa urusan yang bersifat administratif bukan lagi tugas guru. Harus disadari bahwa guru dituntut lebih banyak berhadapan dengan murid ketimbang persoalan administrasi. 

“Bebaskan guru dari kegiatan administrasi itu agar mereka fokus mengajar dan mendidik. Sebab bila hal ini dibiarkan maka kualitas anak didik dan lembaga sekolah pun akan menurun,” tambah Deddy sembari menekankan bahwa tugas guru itu tidak gampang mengingat perkembangan jaman yang juga menuntut kualitas guru semakin berkembang. 

Secara umum Deddy menekankan pentingnya perhatian semua pihak terhadap kondisi pendidikan di Indonesia. Program pendidikan pun harus senantiasa disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat.  
“Minggu lalu saya diundang ke Papua yang ternyata di sana betul betul sangat membutuhkan pejuang pejuang pendidikan. Bulan lalu saya membawa relawan untuk menjadi tenaga pendidik di Jambi Suku Anak Dalam, daerah paling terpencil, saya merasa prihatin sekali karena banyak anak yang tidak mengenyam pendidikan,” ujar Deddy. 

Disampaikan juga bahwa pihaknya bersama rombongan melakukan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 di Sekolah Suku Anak Dalam Kawasan Hutan Nasional Bukit Duabelas Kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi. Komisi Nasional Pendidikan RI besama tim dari Jaringan Pendamping Kebijakan Pemerintah ( JPKP ) juga mengadakan kegiatan pembinaan dan pendampingan pendidikan bagi Orang Kubu atau dikenal dengan Suku Anak Dalam di wilayah Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tabo. “Ternyata kita memang butuh banyak pejuang- pejuang pendidikan utamanya di daerah terpelosok,” tambahnya.(*)

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Harusnya Guru Tetap Digugu dan Ditiru
Harusnya Guru Tetap Digugu dan Ditiru
https://3.bp.blogspot.com/-4hs91VRJqD4/WDu9PLOwg7I/AAAAAAAAAKQ/xiU7_w2L2A4TjZHD0YfWFlC4LfUMEWTQwCEw/s1600/acara%2Bsalam-q%2B%25282%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-4hs91VRJqD4/WDu9PLOwg7I/AAAAAAAAAKQ/xiU7_w2L2A4TjZHD0YfWFlC4LfUMEWTQwCEw/s72-c/acara%2Bsalam-q%2B%25282%2529.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/harusnya-guru-tetap-digugu-dan-ditiru.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/harusnya-guru-tetap-digugu-dan-ditiru.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock