Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Membangun Rasa Berharga Dalam Diri Anak

Rasa berharga dalam diri anak (Self Worth) adalah modal atau bekal bagi anak untuk menghadapi berbagai masalah di masa depan. Self worth ...

Rasa berharga dalam diri anak (Self Worth) adalah modal atau bekal bagi anak untuk menghadapi berbagai masalah di masa depan. Self worth adalah penilaian anak terhadap dirinya sendiri: Apakah merasa berharga, atau justru merasa tak berarti.

Banyak peristiwa yang kami temui di ruang konsultasi berawal dari rendahnya self worth anak. Seringkali, orang tualah yang justru menjadi sumber masalah tersebut. Anak yang Self worth-nya positif (memiliki rasa berharga) tidak mudah guncang atau merasa jatuh, meski diterpa berbagai masalah dan tidak memiliki dukungan.

Sebaliknya, jika Self worth-nya belum tumbuh, ia mudah merasa terpuruk, terpojok, tersingkir, mesti situasi tak terlalu buruk. Rasa berharga anak akan berkurang, jika secara tak sengaja kita memperlihatkan bahwa ia dan kebutuhannya bukan prioritas dan fokus hidup kita. Bahasa tubuh dan ucapan kita, membuat ia merasa kehadirannya tidak diterima dan kita tak menerima keunikannya.

Membangun rasa berharga anak, diawali dengan membangun kepercayaan pada anak (trust), mendapat rasa aman dan nyaman, menjalin kebersamaan, dan memberi dukungan sesuai usianya. Dukungan untuk anak usia 0-7 tahun adalah berupa kelekatan fisik, dengan pelukan, dekapan dan belaian. Ketika anak berusia 0-2 tahun, kita membangun kepercayaan dasar. Menyusui adalah kegiatan yang dapat menciptakan kelekatan dan membangun konsistensi dalam pola hidup.

Untuk anak yang usianya lebih dari 7 tahun, rasa berharga dibangun dengan cara memberi tepukan pada bahu dan punggung, mengusap kepala, memberi acungan jempol, banyak berdiskusi dan menghargai pendapatnya.

Bahasa yang orang tua gunakan kepada anak, menjadi sumber yang penting untuk membangun self worth anak. Itu sebabnya orang tua menerapkan bahasa yang mendukung terbentuknya self worth anak yang tinggi, dengan beberapa trik:

1. Biasakan menggunakan kalimat tanya dibanding kalimat perintah, misal: Apakah kamu sudah lapar?Kalau sudah, makan yuk! (bukan: Kamu pasti sudah lapar, hayo makan!)

2. Menggunakan kalimat positif, misal: Ibu senang sekali kamu makannya banyak, kamu suka ya makanan itu?

3. Hindari komunikasi dengan menggunakan 12 gaya populer: memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap atau melabel, mengancam, ‘menasehati’, membohongi, menghibur, mengkritik, menyindir, ‘menganalisa’.

Membangun rasa berharga secara spiritual bisa dilakukan dengan mengucapkan doa terbaik kita bagi anak. Tunjukan padanya bahwa kita mendoakannya dengan tulus.

Sambil menggendong anak atau mengusap punggungnya, bisikkan doa “Anak bunda yang bunda sayangi, kamu adalah harta bunda yang sangat berharga, nak. Semoga Allah melindungi kamu, menjagamu, kamu jadi anak yang soleh, anak yang hebat, gigih, tekun dan sabar mencapai cita-citamu..” dan seterusnya. Dengan demikian ketenangan dan kepercayaan akan tumbuh.

Beri kesempatan mereka menjalani hidup sebagai manusia normal yang pernah melakukan kesalahan, merasa sedih, kecewa. Agar anak mampu menghadapi masalah, bantu ia memahami peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi.

Yaitu, pertama dengan cara menanyakan apa perasaannya terlebih dahulu, sebagai normalisasi atau stabilisasi emosinya agar emosi negatif yang timbul tidak menumpuk dan menjadikan dirinya tidak nyaman.

Kedua, ajak ia memahami apa yang terjadi, dengan cara menggali setiap detail peristiwa, bantu ia memaknai peristiwa tersebut. Jika ia melakukan kesalahan, sampaikan sikap dan perilaku yang Anda harapkan darinya ketika terlibat dalam sebuah peristiwa sejenis di masa yang akan datang.

Ini akan menjadi pelajaran yang berharga bagi anak. Ia akan merasa orang tuanya hadir mendampingi hidupnya. Dia sedang menjalani proses belajarnya, dan Andalah pembimbing pertama dan utama.

Dengan beberapa tindakan di atas, Insya Allah, self worth anak akan tinggi dan itu akan membuat ia tangguh menghadapi peristiwa sekeras apapun di masa yang akan datang.(*)


Sumber Majalah YM
Foto : Kesekolahcom

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Membangun Rasa Berharga Dalam Diri Anak
Membangun Rasa Berharga Dalam Diri Anak
https://4.bp.blogspot.com/-T_w-_G1EITA/WDOeTcnrBKI/AAAAAAAAAHU/JB2pskm1agcVEb4U_ZjOGJxy5H-KYHgQgCLcB/s1600/images%2B%25282%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-T_w-_G1EITA/WDOeTcnrBKI/AAAAAAAAAHU/JB2pskm1agcVEb4U_ZjOGJxy5H-KYHgQgCLcB/s72-c/images%2B%25282%2529.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/membangun-rasa-berharga-dalam-diri-anak.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/membangun-rasa-berharga-dalam-diri-anak.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock