Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Merekatkan Gading Retak

Tak ada gading yang tak retak. Itu pepatah lama yang kita sudah tahu sejak di bangku SD. Pertanyaannya: Apakah kita bisa menerima gading...

Tak ada gading yang tak retak. Itu pepatah lama yang kita sudah tahu sejak di bangku SD. Pertanyaannya: Apakah kita bisa menerima gading yang tak retak? 

Bisa menerima suami yang sudah berbelas tahun tak pernah ingat ulang tahun istri? Bisa menerima anak yang pernah bohong kecil? 

Istri yang lupa menyediakan kopi panas ketika suami pulang kantor? Tokoh terkenal yang ternyata pernah menikah dan tidak pernah mengaku (karena tak ada yang pernah bertanya) dan sebagainya? 

Apa tanda-tanda bahwa kita tidak mau menerima kesalahan mereka? Kita seringkali mencela, mengeluh, membicarakannya dengan orang lain dengan nada sinis, mentertawakan mereka, dan ekspresi-ekspresi dan kata-kata negatif lainnya. 

Pernah melakukan hal itu? Mudah-mudahan tidak. Sebetulnya, apakah tepat kita bersikap "tidak menerima" kesalahan orang di masa lalu atau kelemahan dan keterbatasan mereka? 

Tak Ada Yang Sempurna 

Tak ada gading yang tak retak. Sama saja, tak ada manusia yang sempurna. Termasuk kita. Jadi mengapa kita tidak bisa menerimanya? 

Namun apa yang membuat kita cenderung tidak bisa menerima kesalahan orang? Apakah karena kita lebih baik dari dia? Apakah karena kita "sok tahu"? Apakah memang kesalahan orang itu "kelewatan" sehingga pantas dicela? 

Seringkali alasannya mudah: sejak kecil kesalahan kita juga tidak bisa diterima oleh orang terdekat kita, dan ketidakterimaan itu disampaikan dengan cara yang tidak membuat diri kita nyaman. 

Secara tidak sadar itu menjadi "model" bagi kita ketika menghadapi kasus yang sama pada orang lain. Jika kita termasuk orang yang sering tidak menerima kesalahan orang lain dan senang mengekspresikannya dengan terbuka dengan kalimat-kalimat tajam, dan anak-anak kita menyaksikan, bisa tertebakkan ya apa yang akan terjadi pada anak-anak kita? 

Kemungkinan besar kita jadi role model bagi mereka, dan Anda bisa menjadi "korban" pertamanya. 

Cara Memperbaiki 

Kembali pada persoalan apakah kita harus menerima kesalahan orang. Banyak yang protes seperti ini: lho seharusnya kan dia begini, dia begitu. 

Masa' iya kita menerima kesalahannya? Ok. Menerima dan meluruskan apa yang seharusnya merupakan 2 hal yang berbeda. Ketika kita menerima, dan ada peluang meluruskannya, bukan berarti kita mendiamkan hal itu. 

Kuncinya pada cara. Pada dasarnya banyak orang menyadari jika ia melakukan kesalahan. Mereka tetap melakukannya jika tidak ada yang menegur atau meluruskan. Ketika kita menegur, benarkah niat kita adalah untuk memperbaiki keadaan di masa yang akan datang, atau malah memperburuknya? Jika untuk memperbaiki, ya pilihlah cara-cara yang mendukung niat itu. Cara-cara yang sinis, yang mencela, yang menghina, yang merendahkan harga diri, terbukti justru membuat orang bertahan dan tidak mau berubah. 

Cara-cara sebaliknya, yang baik, yang tulus, yang jujur dan positif serta optimis, terbukti bisa membuat orang mau berubah memperbaiki kesalahannya. Tak ada gading yang tak retak, dan carilah lem terbaik untuk Merekatkannya lagi.(*)


Sumber Majalah YM 

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Merekatkan Gading Retak
Merekatkan Gading Retak
https://1.bp.blogspot.com/-Sluk4ZZeQck/WD4kqZrGQDI/AAAAAAAAALI/g09_IMGFecU2BRZ8WeqGJ6VFrjyxGbDtwCLcB/s1600/gading%2Btak%2Bretak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Sluk4ZZeQck/WD4kqZrGQDI/AAAAAAAAALI/g09_IMGFecU2BRZ8WeqGJ6VFrjyxGbDtwCLcB/s72-c/gading%2Btak%2Bretak.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/merekatkan-gading-retak.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/merekatkan-gading-retak.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock