Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Pusing Saat Bangun Tidur

Assalammu’alaikum Wr. Wb   Aktifitas yang sangat padat, membuat saya memerlukan waktu istirahat yang lebih. Oleh karena itu, disaat i...

Assalammu’alaikum Wr. Wb 

 Aktifitas yang sangat padat, membuat saya memerlukan waktu istirahat yang lebih. Oleh karena itu, disaat istirahat jam kantor, saya menggunakannya untuk tidur siang selama 45 menit. Namun saat saya terbangun, kepala saya langsung terasa pusing. Pusing tersebut berlangsung selama satu jam setelah bangun tidur. Yang ingin saya tanyakan adalah : 
1. Apa penyebab rasa pusing yang saya alami? 
2. Apakah ini sebuah penyakit atau kelainan yang saya alami, dan bagaimana pengobatan atau pencegahannya? Demikian pertanyaan yang saya ajukan, atas jawabannya, saya mengucapkan terima kasih. 
Ahmad Alan Jember


Jawaban:
Wa’alaikumussalaam Wr, Wb.

Terima kasih atas pertanyaannya. Penyebab pusing saat bangun tidur serta tata laksananya akan saya paparkan sebagai berikut :

1. Tekanan darah rendah. Beberapa penyebabnya adalah gangguan jantung, dehidrasi, pendarahan, kehamilan, dan kekurangan vitamin B12. Ketika kita tidur dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, kemungkinan besar kita akan merasakan pusing ketika bangun. Solusinya, minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakan air putih di samping tempat tidur, sehingga begitu bangun tidur kita merasa pusing, langsung bisa kita minum. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Vitamin B12 berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Jika kekurangan, maka akan timbul anemia yang menyebabkan tekanan darah menurun. Selain mudah pusing, efek lain dari kekurangan vitamin B12 adalah mudah mengantuk, mudah kesemutan, tak tahan sinar matahari dan selera makan berkurang. Sering-seringlah makan makanan yang mengandung vitamin B12 seperti hati, dada ayam, daging sapi, telur, yogurt, oatmeal, tahu, tempe serta susu, agar tidak mudah terkena tekanan darah rendah, serta tidak mudah pusing setelah bangun tidur.

2. Rasa cemas dan gelisah. Rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur membuat nafas kita keluar masuk secara cepat, sehingga mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya, pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun tidur kepala akan terasa pusing. Solusinya, kalau kita punya permasalahan, selesaikan permasalahan tersebut sesegera mungkin agar tidak terbawa tidur. Andai permasalahan belum juga selesai, sadarilah bahwa masih ada hari esok untuk berfikir dan menyelesaikan masalah. Sekarang adalah saatnya istirahat.

3. Terkena vertigo. Adalah pusing yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan pada bagian dalam telinga. Pusing yang ditimbulkan biasanya disertai sensasi berputar seolah ditarik ke alam lain. Di banyak kasus, penderita vertigo juga disertai gangguan pendengaran. Gejala lain dari vertigo adalah mual, nyeri otot, peka pada cahaya, dan mudah lelah. Jika kita mengalami gangguan pusing kepala setelah bangun tidur disertai gangguan pendengaran, periksa segera ke dokter agar didiagnosa.

4. Efek samping obat-obatan. Obat-obatan memang memiliki khasiat masing-masing. Obat sakit kepala mempunyai khasiat meredakan atau menghilangkan sakit kepala. Obat flu berkhasiat meredakan dan mengobati flu. Obat sakit perut berkhasiat mengobati sakit perut. Begitu pula yang lainnya. Namun, hampir semua obat juga memiliki efek samping bagi peminumnya. Diantara berbagai efek samping yang ada, pusing kepala adalah salah satunya. Obat yang memiliki kandungan diuretik, analgesik, transquilizer, anticonvulsant adalah diantara obat-obatan yang memiliki efek samping pusing kepala terutama setelah bangun tidur. Jika karena suatu hal Anda harus meminum obat, jangan lupa baca aturan pakai, kandungan, serta efek samping yang ada dalam kemasan. Kalau obat tersebut dari dokter, jangan sungkan untuk bertanya efek samping obat yang diberikan.

5. Bangun terkejut dan bangun secara tiba-tiba. Secara medis sebenarnya tidak masalah bangun tidur secara kaget atau dibangunkan mendadak. Hanya saja bangun dengan cara seperti ini membuat suasana tidak nyaman dan mempengaruhi mood. Kadang juga disertai dada berdebar dan rasa pusing kepala. Solusinya, jika tak ingin tidur terganggu oleh anak-anak, kuncilah pintu kamar sebelum tidur. Jika tak ingin tidur terganggu nada dering ponsel, jauhkan ponsel dari tempat tidur, atau matikan nada deringnya.

Pesan kepada istri agar tidak mengganggu atau membangunkan tidur kita sampai kita bangun sendiri. Itulah beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing setelah bangun tidur dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat !

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Pusing Saat Bangun Tidur
Pusing Saat Bangun Tidur
https://4.bp.blogspot.com/-JFTSmU7Z014/WDDZhquesdI/AAAAAAAAAFI/U7Dk6wn9VrgZIkvA6SMEfFajthDi9vkyACLcB/s320/hqdefault.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-JFTSmU7Z014/WDDZhquesdI/AAAAAAAAAFI/U7Dk6wn9VrgZIkvA6SMEfFajthDi9vkyACLcB/s72-c/hqdefault.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/pusing-saat-bangun-tidur.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2016/11/pusing-saat-bangun-tidur.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock