Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Kematangan Anak Memasuki Sekolah Dasar

Prestasi membaca, menulis, dan berhitung pada anak, saat berada di Taman kanak-kanak, tidak selalu mempermudah anak untuk menyesuaikan dir...

Prestasi membaca, menulis, dan berhitung pada anak, saat berada di Taman kanak-kanak, tidak selalu mempermudah anak untuk menyesuaikan diri ketika ia mengawali sekolah di Sekolah Dasar. Terdapat aspek psikologis lain yang perlu mengiringi anak saat ia akan memasuki Sekolah Dasar. Aspek psikologis tersebut adalah kematangan . 

Kematangan adalah suatu keterampilan yang dihasilkan dari suatu proses interaksi antara anak dan lingkungan. Proses interaksi dilalui anak saat mereka mengikuti kegiatan di taman kanak-kanak. Proses interaksi dapat pula dilakukan di rumah, melalui pola pengasuhan anak dan orang tua. Dengan demikian ciri-ciri anak yang siap mengikuti sekolah di sekolah dasar dapat ditelusuri oleh guru Taman kanak-kanak, orang tua ataupun psikolog. Seorang guru Taman kanak-kanak dapat menyarankan anak didiknya siap memasuki sekolah dasar apabila sesuai dengan ciri-ciri sebagai berikut : 

⦁ Menguasai aktivitas – aktivitas yang ada di TK 
⦁ Organ-organ gerak dapat dikoordinir dengan baik 
⦁ Anak memiliki perbendaharaan kata yang cukup banyak dan mempunyai kemampuan membayangkan yang sesuai dengan anak-anak seusianya 
⦁ Kesediaan untuk belajar 

Seorang psikolog biasanya akan mengukur kematangan atau kesiapan sekolah anak melalui alat ukur yang banyak digunakan di Indonesia untuk mengukur aspek-aspek kemampuan dasar belajar adalah NST, Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test. Penyusunnya adalah Prof. F.J Monk, Drs. H.Rost dan Drs.N.H.Coffie dari Belanda. 

Alat ini mengukur kemampuan anak dalam mengamati bentuk, motorik halus, pemahaman konsep dasar matematika, seperti besar, jumlah, perbandingan dan urutan, ketajaman pengamatan, daya pikir kritis, konsentrasi, daya ingat, wawasan dan pemahaman konsep-konsep sosial, menangkap inti cerita dan penghayatan terhadap bagian tubuhnya. Pendapat ahli pendidikan, Hetzer, ciri-ciri anak siap sekolah adalah : 

⦁ Anak harus bersedia melakukan tugas – tugas 
⦁ Anak dapat membedakan bermain dan bekerja 
⦁ Dapat menyesuaikan diri di kelas 
⦁ Dapat melakukan suatu kegiatan dalam jangka waktu yang cukup lama dan menyadari tujuan kegiatan tersebut 
⦁ Anak memperlihatkan kemandiriannya

Bagi orang tua dapat memperkirakan bahwa putra/putrinya telah siap memasuki sekolah dasar dengan mengamati ciri-ciri sebagai berikut : 
⦁ Kemampuan mengenali bagian tubuh dan potensi kegunaannya 
⦁ Kemampuan mengenali warna dan bentuk 
⦁ Kemampuan memahami konsep arah atau posisi obyek 
⦁ Kemampuan dan kematangan motorik halus 
⦁ Kemampuan dasar perseptual 
⦁ Kemampuan dasar matematika 
⦁ Perasaan bisa/mampu mengikuti kegiatan di sekolah 
⦁ Buku – buku atau alat tulis sudah menjadi bagian dari kegiatannya 
⦁ Tidak malu untuk bertanya kepada orang lain 
⦁ Sudah bisa(biasa) berpisah dengan orang tua 

Kesiapan memasuki Sekolah Dasar, tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademis berupa membaca, menulis dan berhitung, tetapi yang diutamakan adalah sejauh mana anak mampu mengikuti proses interaksi di Taman kanak-kanak dan proses interaksi antara anak dan orang tua di rumah. 

Orang tua dan guru dapat melakukan pengamatan dan penilaian terhadap perilaku anak, melalui ciri-ciri yang tertuang di atas, sehingga dapat disimpulkan taraf kesiapan anak untuk memasuki sekolah dasar. 



Dra. Heni Widiyaningsih, 
Psikolog Pemilik Biro Konsultasi Psikologi Paramesti

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Kematangan Anak Memasuki Sekolah Dasar
Kematangan Anak Memasuki Sekolah Dasar
https://4.bp.blogspot.com/-bTDS0mOGgkA/WIQl9Uzzv6I/AAAAAAAAAXo/etkcCNVOMEckDnhTHn6wEHMdlgXLOqIOQCLcB/s1600/heny.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-bTDS0mOGgkA/WIQl9Uzzv6I/AAAAAAAAAXo/etkcCNVOMEckDnhTHn6wEHMdlgXLOqIOQCLcB/s72-c/heny.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/01/kematangan-anak-memasuki-sekolah-dasar.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/01/kematangan-anak-memasuki-sekolah-dasar.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock