Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Kembangkan Budaya Baca di Sekolah, Siapa Takut?

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampa...

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan 

Membaca memiliki tiga fungsi. Pertama, memberikan informasi, misalnya dengan membaca Koran dan majalah. Yang kedua, memberikan hiburan, misalnya dengan membaca novel. Yang ketiga, yang paling penting tetapi sekaligus paling sulit, memberikan pengertian. Sebuah buku bisa saja memberikan pengertian sekaligus menghibur dan memberikan informasi 

Menurut Lerner (1988:349) kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. Merujuk pada hasil survei United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2011, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1000 penduduk yang masih ‘mau’ membaca buku secara serius (tinggi). 

Kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi 124 dari 187 negara dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sumber (http://www.republika.co.id/) 

Melihat begitu rendahnya minat membaca masyarakat Indonesia tentu ini akan berdampak pada rendahnya kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang tahun ini akan menghadapi MEA (Mayarakat Ekonomi Asean) sehingga masyarakat Indonesia akan sangat sulit untuk bisa bersaing dengan masyarakat dari negara lain di Asean. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia biasa kita mulai dari sekolah, yang mana sekolah itu merupakan tempat/lembaga yang dirancang untuk melaksanakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa yang tentunya kegiatan itu tidak terlepas dari aktifitas membaca. 

Maka dari sinilah pentingnya mengembangkan budaya membaca di sekolah. Penulis akan mencoba berbagi pengalaman beberapa upaya yang sudah dan akan dilakukan sekolah kami untuk bisa meningkatkan minat baca siswanya setelah sekolah kami bermitra dengan USAID Prioritas diantaranya : Keteladanan Keteladanan merupakan sebuah perilaku seseorang yang bisa dijadikan sebagai contoh yang baik sehingga tindakan atau perilakunya itu diikuti oleh orang lain. Untuk mewujudkan hal ini harus diawali dari Kepala Sekolah, Guru dan Staff administrasi mau membaca disela-sela melaksanakan tugasnya disekolah dan yang paling penting pada saat kegiatan membaca rutin bersama. Sediakan Waktu Khusus Membaca Rutin Ini bisa dilakukan dengan menyediakan waktu khusus 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai sesuai dengan instruksi Mendikbud tahun 2015. 

Khusus untuk membaca rutin ini kami menyediakan waktu selama 30 menit karena sebelumnya diawali dengan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu bahkan untuk hari senin dan sabtu waktunya lebih lama ditambah dengan tausiah oleh siswa dan atau membacakan cerpen hasil karya siswa. Yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ini tentunya keteladanan Kepala Sekolah, guru dan staff administrasi untuk ikut melakukannya bersama dengan siswa. Libatkan Orangtua Siswa Alangkah baiknya sebelum pelaksanaan program ini sosialisasikan terlebih dahulu terhadap orang tua siswa agar mereka memahami dan ikut mendukung program ini dan ikut terlibat mendampingi anaknya dirumah untuk membaca. 

Menata Perpustakaan Buatlah perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan agar siswa betah diperpustakaan, pajang buku di tempat yang mudah terjangkau oleh siswa, buatlah kegiatan yang menantang dan menyenangkan bagi siswa di perpustakaan, permudah akses siswa ke perpustakaan dengan membuat perpustakaan berbasis IT kita bisa menggunakan program senayan, berikan reward kepada siswa yang paling sering berkunjung dan membaca di perpustakaan, jangan lupa minta tagihan resensi buku dari yang sudah dipinjam oleh siswa. 

Menata Lingkungan Sekolah dan Kelas Manfaatkan ruang kosong atau taman sekolah untuk dijadikan tempat menyimpan buku dan membaca yang nyaman bagi siswa, sediakan sudut baca ditiap kelas, manfaatkan mading kelas dan mading sekolah untuk dijadikan sarana pembelajaran dan membaca siswa, manfaatkan produk pembelajaran siswa ditempel di dinding kelas agar mudah dibaca oleh siswa, bahkan dibeberapa sekolah sudah mulai membuat gerobak baca dan kafe baca. 

Pastikan Ketersediaan Buku Bacaan Agar tidak membosankan pastikan buku-buku bacaan di perpustakaan selalu update dengan membeli buku bacaan baru dengan menggunakan dana BOS ataupun sumbangan dari siswa, Komite Sekolah ataupun alumni, bisa juga dengan melakukan pertukaran buku dengan perpustakaan sekolah yang lain dan bekerjasama dengan perpustakaan daerah. Bentuk Klub Membaca Untuk memfasilitasi siswa yang gemar membaca dan menulis alangkah baiknya kita menyediakan ruang berkumpul bagi mereka agar bisa saling memotivasi dan berbagi. Biasakan mereka untuk mendiskusikan isi dari buku yang sudah dibaca, membuat tulisan bersama dan menerbitkan hasil tulisan siswa berupa Majalah ataupun buku kumpulan tulisan siswa. 

Diperlukan keberanian dan kerja keras yang luar biasa bagi sekolah, khususnya kepala sekolah untuk mau mengembangkan budaya baca disekolahnya. Tidak sedikit kepala sekolah yang menganggap bahwa mengembangkan budaya baca disekolah mulai dari penataan perpusatakaan pengadaan buku dan dan penataan lingkungan sekolah dan kelas agar siswa merasa nyaman untuk membaca adalah hal yang kurang bermanfaat. Hal ini bisa kita lihat baru sebagian kecil sekolah yang mulai mengembangkan budaya baca berani mengeluarkan anggaran dari BOS untuk pengadaan buku bahan bacaan (non pelajaran). 

Sumber : http://www.kompasiana.com/rubanurzaman/kembangkan-budaya-baca-di-sekolah-siapa-takut_56ac2d78119773ea04f7699e

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Kembangkan Budaya Baca di Sekolah, Siapa Takut?
Kembangkan Budaya Baca di Sekolah, Siapa Takut?
https://4.bp.blogspot.com/-TWOH38u9KGI/WJAQAGpjHNI/AAAAAAAAAZg/bEI5zsWBGzIYWiKG2vq_yPSuMj_brz4swCLcB/s640/kegiatan-membaca-tiap-pagi-di-mts-al-mukhtariyah-jpg-56b1bb1d3fafbddb140a0012.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-TWOH38u9KGI/WJAQAGpjHNI/AAAAAAAAAZg/bEI5zsWBGzIYWiKG2vq_yPSuMj_brz4swCLcB/s72-c/kegiatan-membaca-tiap-pagi-di-mts-al-mukhtariyah-jpg-56b1bb1d3fafbddb140a0012.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/01/kembangkan-budaya-baca-di-sekolah-siapa.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/01/kembangkan-budaya-baca-di-sekolah-siapa.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock