Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Herry Supriyanto Motivator Yang Mampu Petakan Muridnya

Setelah mendampingi anak didiknya mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) hari pertama pada Senin (17/4), Kepala SMP Al Falah ...

Setelah mendampingi anak didiknya mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) hari pertama pada Senin (17/4), Kepala SMP Al Falah Assalam Herry Supriyanto tidak langsung pulang. Suami Haeni Indah Rakhmawati itu terlihat sibuk merapikan meja kerjanya. Dia tampak merapikan sejumlah berkas. Dari tumpukan buku dan kertas tersebut, ada satu bendel kertas yang ditunjukkan kepada Jawa Pos. Totalnya adalah sepuluh halaman. 

Selain berisi identitas lengkapnya, sepuluh lembar kertas itu ternyata berisi catatan perjalanan Herry selama menjadi motivator. Tertulis pengalaman pertama saat menjadi motivator hingga pengalaman terakhir. Tercatat, kali pertama dia memberikan pelatihan komputer berbasis Windows 98 bagi guru dan karyawan SD Citra Kartini Yayasan Al Muslim Waru pada 2000. Pada 2003, dia diminta memberikan pelatihan sains kepada guru-guru SD dan MI se-Kabupaten Magetan di MI Islamiah. Terakhir, pada 24 Februari sampai 1 Maret 2017, dia menjadi narasumber dalam diklat kepala sekolah I angkatan XIX dengan materi Kepala Sekolah sebagai Manajer dan Administrator di Hotel Amaris Surabaya. 

Selain tiga catatan pengalamannya itu, masih ada puluhan lainnya. Sebab, Herry memang sudah puluhan kali menjadi motivator hingga ke pelosok negeri. Tidak hanya itu, dokumentasi selama menjadi motivator juga lengkap dan tersimpan rapi dalam file di laptop. Mulai foto ketika ngomong di depan umum hingga foto sejumlah peserta. ”Sebab, foto-foto tersebut jadi bahan saya saat memberi motivasi,” ucapnya. Laptop Herry juga penuh dengan video-video motivator kondang. Mulai Tung Desem Waringin, Andri Wongso, Ary Ginanjar, hingga AA Gym. 

Cara berkomunikasi dan kisah sukses mereka jadi ilmu baru bagi Herry. ”Saya menjadi motivator ini otodidak. Ya, belajar dari banyak sumber seperti kisah mereka dan tidak membatasi dari sumber mana pun,” tutur pria kelahiran Madiun tersebut. Selain itu, pengalaman sendiri bisa jadi bahan saat memberikan motivasi. 

Sebab, lanjut dia, kunci penting untuk bisa memotivasi adalah menyampaikan apa yang sudah dilakukan. ”Saya spesialis menyampaikan tentang manajerial dan administrasi sekolah,” terangnya. Pengalaman menjadi kepala sekolah sejak 2005 menjadi modalnya. Misalnya, memperlakukan setiap murid secara berbeda, sesuai dengan kecenderungan cara belajar. ”Kami petakan lebih dulu kecenderungan murid. Misalnya, ada yang cenderung suka belajar dengan cara audiovisual. Artinya, kami didik secara audiovisual. Kami tunjukkan bukti kesuksesan dari pengalaman kepada audiens,” paparnya. 

Dengan begitu, dia tidak hanya menyampaikan secara teoretis. Jadi, audiens akan lebih mudah percaya dan mau melakukan sesuai yang disampaikan. Misalnya, saat menjadi motivator pendampingan penyusunan program sekolah di SMP Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 6–7 Juni 2010. Herry memperoleh kesan yang sangat baik. 

Kedatangan Herry menjadi angin segar bagi sekolah tersebut. ”Sebab, di sana, mereka ternyata belum terlalu paham tentang pengelolaan sekolah,” ceritanya. Sampai-sampai, saat Herry akan pulang, pihak sekolah memintanya memberikan semua buku dan materi yang dibawa ketika itu. ”Mereka bilang, Pak kalau boleh, kami ingin materi dan bukunya ditinggal di sini agar bisa dijadikan referensi,” ungkapnya menirukan ucapan pihak sekolah kala itu. 

Pikiran Herry sempat ragu. Jika puluhan buku tersebut diberikan, Herry tidak punya buku lagi. Padahal, dia masih butuh. Namun, terlintas dalam pikirannya kalau saat perjalanan pulang ternyata Tuhan berkehendak mengambil nyawanya, semua akan sia-sia. ”Akhirnya, saya tinggal semua buku itu di sana. Rasanya sangat lega. Pulang pun enteng karena nggak bawa banyak buku,” lanjutnya. 

Beberapa pekan setelah pulang dari Kalsel, rekannya datang ke kantor. ”Teman saya bilang, ini lho Pak Herry, saya ada file materi tentang sekolah. Ini kalau mau meng-copy,” ujarnya menirukan perkataan temannya. Ternyata, file itu adalah e-book buku-buku yang sudah diberikan saat di Banjarbaru. ”Jadi, semua kembali lagi,” imbuhnya. Pengalaman itulah yang membuat Herry selalu bersemangat menjadi motivator. Apalagi, dia sering memperoleh ilmu baru. 

Dengan bertemu orang baru, pikiran jadi lebih fresh. Tidak jenuh. Setelah memberikan motivasi, Herry selalu meminta audiens menilai penampilannya. Misalnya, bagaimana penguasaan materi, sistematika penyajian, penggunaan media, daya simpatik, hingga kerapian berpakaian. ”Itu jadi evaluasi saya. Alhamdulillah, kesannya sangat baik,” jelasnya. (firma zuhdi al fauzi 

Sumber : Jawapos

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Herry Supriyanto Motivator Yang Mampu Petakan Muridnya
Herry Supriyanto Motivator Yang Mampu Petakan Muridnya
https://4.bp.blogspot.com/-Yz_nT6G_-V4/WQaHQfU3xRI/AAAAAAAAAr8/ov3uwfzAlVE9QDkF0jE2GbJmmL-A6A1YQCLcB/s320/herry%2Bsupriyanto%2B50%2B%2525%25281%2529.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-Yz_nT6G_-V4/WQaHQfU3xRI/AAAAAAAAAr8/ov3uwfzAlVE9QDkF0jE2GbJmmL-A6A1YQCLcB/s72-c/herry%2Bsupriyanto%2B50%2B%2525%25281%2529.JPG
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/04/herry-supriyanto-motivator-yang-mampu.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/04/herry-supriyanto-motivator-yang-mampu.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock