Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Jangan Menjadi Penonton di Negeri Sendiri

Kali ini kota yang berjuluk "City of Mountain" (Kota pegunungan) terpilih sebagai tuan rumah dalam event rutin Rapat Koordin...



Kali ini kota yang berjuluk "City of Mountain" (Kota pegunungan) terpilih sebagai tuan rumah dalam event rutin Rapat Koordinasi Forum Bursa Kerja Khusus SMK Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 400 peserta yang berasal dari seluruh SMK se-Jatim. Mengambil tempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Kab. Pasuruan, pelaksanaan Rakor akan digelar selama 2 hari mulai tanggal 28-29 April 2017. 

Ketua BKK Jatim H. Sali Rochani, S.Pd, M.MPd dalam sambutannya menyatakan" BKK yang dulunya belum mendapat support kepala sekolah, Alhamdulillah sekarang sudah dibantu penuh. Kita ini membantu Disnaker dan sekolah. Membantu menyalurkan alumni dan membantu orang tua siswa." "Seluruh sekolah yang berjumlah kurang lebih 1800 SMK se-Jatim diharapkan memiliki BKK. Bapak presiden telah menandatangani Instruksi presiden Inpres nomor. 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Hal ini juga dilanjutkan dengan nota kesepahaman 6 menteri yang mendapatkan tugas mengawal terbentuknya BKK di satuan pendidikan," imbuh Kepala MKKS Jatim ini. 

Di Kabupaten Pasuruan dalam catatan dinas perindustrian ada kurang lebih 3000 perusahaan dengan skala besar dan kecil adalah peluang untuk menyalurkan alumni SMK. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur​ Dr. Saiful Rachman M.M, M.Pd dalam sambutan tertulis menyampaikan jika kita melihat kemampuan anak SMK idealnya bisa langsung diserap di dunia kerja dan industri. Tapi karena alumni SMK yang jumlahnya banyak dan peluang kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lulusan menjadikan terjadinya pengangguran. Selain itu banyak SMK yang membuka program keahlian yang sama mengakibatkan timbulnya persaingan dan lulusan dengan kompetensi yang sama menumpuk. 

Bupati Pasuruan yang menjadi tuan rumah, dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda Kab. Pasuruan Agus Sutiadji menyatakan, "Ketersediaan lapangan pekerjaan yang tidak mencukupi dengan lulusan pendidikan akan membuat persoalan dan tinggi nya angka pengangguran. Dan makin besar angka pengangguran akan memicu tingginya angka kriminalitas. Keberadaan FBKK diharapkan akan menjadi mitra perusahaan, mitra pemerintah dan juga mitra masyarakat. Jangan sampai kita akan menjadi penonton dinegeri sendiri. Cetak tenaga ahli agar mampu berkompetisi dengan negara lain," tegas beliau. 

Pada hari pertama peserta diajak Factory tours (Kunjungan Industri) ke beberapa perusahaan. Diantaranya PT. Otsuka Amerta (Pocari), PT. Easterntex, PT. Yamaha, PT. Coca cola, PT. Aneka Tuna Indonesia. Disana peserta diajak melihat proses produksi dan berdiskusi dengan manajemen terkait peluang magang, kunjungan industri dan rekrutmen karyawan. 

Pada hari kedua agenda kegiatan di isi dengan sosialisasi dan progress kemajuan BKK. Dilanjutkan materi dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Disnaker Prop. Jatim dan diskusi dengan seluruh peserta. Dari kegiatan ini diharapkan makin menyemangati para peserta setelah pulang ke sekolah masingmasing untuk mengembangkan BKK demi kemajuan SMK kedepan. (*)

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Jangan Menjadi Penonton di Negeri Sendiri
Jangan Menjadi Penonton di Negeri Sendiri
https://1.bp.blogspot.com/-IoL-SaVb1Xc/WQWLrQHSCQI/AAAAAAAAAq0/wWl7xNOqOjoq_CL5kZbA1-8Jr0WX1fG8wCLcB/s320/IMG_20170428_101021.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IoL-SaVb1Xc/WQWLrQHSCQI/AAAAAAAAAq0/wWl7xNOqOjoq_CL5kZbA1-8Jr0WX1fG8wCLcB/s72-c/IMG_20170428_101021.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/04/jangan-menjadi-penonton-di-negeri.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/04/jangan-menjadi-penonton-di-negeri.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock