Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Siswa DAFI Mengharumkan Sidoarjo dengan Menjuarai Tahfidz Nasional

Awal Mei ini (3-5), Jaringan Sekolah Islam Terpadu mengadakan kegiatan Pekan Olahraga Seni Sains dan Al Quran (PORSSIQU) Nasional 2017 di...


Awal Mei ini (3-5), Jaringan Sekolah Islam Terpadu mengadakan kegiatan Pekan Olahraga Seni Sains dan Al Quran (PORSSIQU) Nasional 2017 di Jakarta. Pesertanya merupakan perwakilan Sekolah Islam Terpadu (SIT) dari seluruh Indonesia, yang telah terseleksi di wilayah masing-masing. Baik SD, SMP maupun tingkat SMA. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini memadukan antara olahraga, kesenian dan al Quran.

Untuk kategori tahfidz quran tingkat SMP, Sidoarjo boleh berbangga. Karena setelah lolos seleksi tingkat Jawa Timur, Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Darul Fikri (DAFI), berhasil membawa 2 trophy ke Sidoarjo, dari 3 siswa yang dibawanya.

Untuk kategori putri, ada Latifah Az-Zahidah dari kelas 7, yang menyabet juara 1 tahfidz. Dan kategori tahfidz putra juara harapan 1 berhasil diraih oleh Shalahuddin Al Ayubbi dari kelas 8.

Mereka berhasil menyisihkan 36 siswa lainya. Yaitu 17 orang siswa putra dan 19 orang siswa putri. Ada 3 Juz yang dilombakan. Mulai dari Juz 28 hingga juz 30. Penilaian berdasarkan dari Tajwid, kelancaran, adab, hingga tartil.

Saat ini, Latifah yang asli dari Surabaya, telah menempuh 9 juz. Saat masuk SMP dahulu, dia masih di juz 5. Sedangkan Ayub, panggilan Shalahuddin al Ayubbi, telah mencapai juz 15. Putra kelahiran Blitar ini mulai menghafal sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak.

Mereka menyiapkan lomba ini dengan semangat. Setiap malam dipakai untuk murojaah, mengulang hafalan yang akan disetorkan kepada ustadnya esok hari.

Latifah bercerita, kadang merasa sulit menghafalkan saat hati tidak mood. Tapi, ujar putri Hani Triyanto dan Wahyuni Arba'ati melanjutkan, dia selalu mengulang-ulang untuk motifasi dirinya. "Jadinya suka memberi semangat diri sendiri. Kamu bisa Fah, kamu bisa ...", terangnya.

Beda lagi dengan Ayub. Siswa yang masuk dalam kelas takhasus (khusus) ini berkeinginan untuk merampungkan 30 juz-nya saat kelas 9. Putra dari Musyafa dan Elly Setyawati ini memiliki tips agar mudah menghafal. Pertama, sebelum menghafal harus berwudhu dahulu. Kemudian diulang-ulang. Lalu usahakan untuk mencari tahu arti dari ayat yang sedang dihafalkan. Agar mudah dalam mengingatnya.

Perjalanan mereka ke Jakarta juga bukan tanpa perjuangan. Mereka berangkat dengan mobil ke Jakarta. Lutfiana, guru pembimbing SMPIT Darul Fikri menerangkan bahwa mereka harus menempuh 24 jam perjalanan kesana. "Kami istirahat-istirahat selama perjalanan. Jadinya lama", ujarnya. (*)


COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Siswa DAFI Mengharumkan Sidoarjo dengan Menjuarai Tahfidz Nasional
Siswa DAFI Mengharumkan Sidoarjo dengan Menjuarai Tahfidz Nasional
https://3.bp.blogspot.com/-_TeFJwsFGCk/WR_4vCPruCI/AAAAAAAAAuM/ZzBDzOtKFpcMxIEBlynxUDX2SQH2JA-FQCEw/s320/DSCF8666.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-_TeFJwsFGCk/WR_4vCPruCI/AAAAAAAAAuM/ZzBDzOtKFpcMxIEBlynxUDX2SQH2JA-FQCEw/s72-c/DSCF8666.JPG
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/05/siswa-dafi-mengharumkan-sidoarjo-dengan.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/05/siswa-dafi-mengharumkan-sidoarjo-dengan.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock