Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Wujudkan Siswa Berprestasi, Orang Tua Juga Berperan

Mewujudkan siswa-siswi yang berakhlak dan berprestasi tidak hanya menjadi tugas sekolah dan guru-gurunya. Sekolah sebagai institusi pendidik...

Mewujudkan siswa-siswi yang berakhlak dan berprestasi tidak hanya menjadi tugas sekolah dan guru-gurunya. Sekolah sebagai institusi pendidikan juga harus mengajak orang tua, sehingga memiliki frekuensi yang sama dalam mendidik siswa-siswinya. Demikian yang selama ini diterapkan oleh SMP Al Falah Assalam Tropodo, Sidoarjo.

Berbagai prestasi telah diraih oleh sekolah yang sudah 12 tahun berdiri ini. Ditingkat Kabupaten, sekolah SMP Al Falah Assalam selalu berada di 10 besar sekolah dengan rata-rata nilai UN tertinggi.

Herry Suprianto, kepala sekolah SMP Al Falah Assalam menceritakan proses pendidikan yang diterapkan disekolah yang dipimpinnya.


"Untuk membangun dan menjaga mutu ujian nasional sekolah ini", cerita Herry, "Kami menerapkan strategi yang menyasar pada 3 pihak." Pria yang lahir 41 tahun yang lalu ini mengungkapkan 3 sasaran itu adalah Siswa, Guru dan Wali murid.

Siswa, dengan berdasarkan pada pengalaman empiris diasumsikan pada 3 hal. Yaitu kemampuan belajar, motivasi dan kemampuan dasar. Dari asumsi tersebut, dibuatlah program yang mampu melayani permasalahan yang terjadi pada siswa.

Sasaran berikutnya adalah guru. Guru diajak untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Oleh karena itu, disekolah ini, guru diberi kesempatan untuk mengembangkan diri melalui pelatihan profesi dan mapel, seperti pelatihan in dan on service kurikulum 2013, pelatihan pembelajaran menyenangkan oleh USAID dan lain sebagainya.

Selain itu, reward untuk para guru diberikan sebagai bentuk penghargaan. Sehingga guru terpacu untuk selalu berprestasi dan meningkatkan kemampuannya.

Tidak kalah penting, sasaran ketiga. Yaitu orang tua. Pria kelahiran Madiun ini menceritakan bahwa orang tua merupakan mitra yang penting dalam mendidik siswa-siswi. Waktu interaksi siswa-siswi lebih banyak dengan orang tua ketimbang dengan guru. Maka orang tua dan guru harus bisa bersinergi demi kualitas siswa-siswinya.

Sekolah memfasilitasi komunikasi yang terbangun antara sekolah dan orang tua. Baik secara formal maupun informal. Orang tua juga mendapatkan handout atau makalah pada setiap pertemuan yang berisikan informasi-informasi penting yang harus diketahui bersama dan disampaikan kisah kesuksesan tahun sebelumnya.

"Dengan demikian persepsi orang tua dan sekolah terhadap pendidikan siswa-siswi menjadi sama. Keduanya akan dapat berkolaborasi membantu perkembangan siswa-siswinya." Ungkap kepala sekolah yang juga trainer ini.

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Wujudkan Siswa Berprestasi, Orang Tua Juga Berperan
Wujudkan Siswa Berprestasi, Orang Tua Juga Berperan
https://1.bp.blogspot.com/-dmccuqGELDI/WTlPBsEF_OI/AAAAAAAAAww/Q8vmCvkr2N8ovEBEXnZTCJaZxRBX0hlEwCLcB/s320/WhatsApp%2BImage%2B2017-06-08%2Bat%2B2.24.35%2BAM.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-dmccuqGELDI/WTlPBsEF_OI/AAAAAAAAAww/Q8vmCvkr2N8ovEBEXnZTCJaZxRBX0hlEwCLcB/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2017-06-08%2Bat%2B2.24.35%2BAM.jpeg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/06/wujudkan-siswa-berprestasi-orang-tua.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/06/wujudkan-siswa-berprestasi-orang-tua.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock