Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Indonesia Raih Perak di Kompetisi Robot Internasional

Tim Robotik Madrasah Aliyah Techno Natura. foto : voaIndonesia Putra-putri terbaik bangsa sekali lagi menorehkan prestasi di kancah Inte...

Tim Robotik Madrasah Aliyah Techno Natura. foto : voaIndonesia
Putra-putri terbaik bangsa sekali lagi menorehkan prestasi di kancah Internasional. Adalah Tim Madrasah Aliyah TechnoNatura dari Depok, yang sukses meraih medali perak untuk kategori “Inovasi Teknik Terbaik” dalam kompetisi robotik internasional, FIRST Global Challenge 2017, yang diadakan di Washington, DC. Perhelatan yang diikuti tim robotik dari sekitar 160 negara ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 17 hingga 18 Juli 2017.

Hisham, perwakilan tim robotik Indonesia seperti dikutip dari voaIndonesia, mengatakan membutuhkan waktu dua setengah bulan untuk melakukan riset, dan satu bulan untuk merancang robotnya.  “Tim kami ada 10 siswa dan tiga guru, dibagi jadi tiga – tim software, hardware dan media.” lanjutnya.

Bertemakan kerja sama internasional guna memecahkan krisis air bersih, para peserta diminta untuk merancang robot yang dapat ditugaskan mengumpulkan, mengangkut dan meletakkan bola-bola – yang merupakan lambang air bersih – ke tujuan. Mereka harus berkompetisi melawan robot-robot milik tim negara lain dalam enam ronde selama dua hari.

Kerja keras tim robotik Indonesia pun terbayarkan. Robot tim Indonesia memiliki keunggulan dalam fungsinya sehingga membuahkan medali perak. Selain itu ada juga pujian dari juri dan anggota tim lainnya.

“Tim Indonesia sangat bagus, mereka menggunakan semua perangkat dan fitur-fitur. Mereka memiliki keunikan, dan rancangan robot mereka punya fitur mekanisme melontarkan bola. Mereka menarik perhatian kami,” ucap Robert Dudek, salah satu juri FIRST Global Challenge.

Steven, anggota tim Belanda, juga ikut memuji desain fitur melontarkan bola milik tim Indonesia.

Ketua dan mentor tim robotik Indonesia, Radid, tidak bisa meredam kebahagian atas pencapaian ini. “Kita selalu percaya bisa menang, tapi untuk mendengarnya sendiri, itu kaget sekali. Alhamdulillah,” ujarnya.

“Terus terang kita sedikit surprised dengan kemenangan ini. Karena seperti yang teman-teman tahu, persiapan kita sangat mepet. Bahkan di hari-hari akhir kita harus melakukan tweaking terhadap robot kita,” sambung mentor tim Indonesia Tras Rustamaji. “Tapi, Alhamdulillah, akhirnya kita terpilih sebagai pemenang.

Sementara itu, dalam kategori “Pengumpulan Poin Keseluruhan,” medali emas diraih tim Uni Eropa, perak direbut tim Polandia dan perunggu jatuh ke tim Armenia.

Pihak penyelenggara kompetisi FIRST Global Challenge punya visi luas untuk perlombaan ini.

“Tujuan kami adalah membantu menciptakan jaringan global para siswa-siswi yang memahami teknologi, menghargai nilai dan kekuatan teknologi untuk membantu menciptakan masa depan yang lebih baik dan untuk memecahkan berbagai masalah di dunia.

Dunia membutuhkan anak-anak ini, bukan hanya murid laki-laki atau segelintir anak-anak dari negara-negara maju, tapi justru anak-anak dari seluruh dunia. Terutama murid perempuan untuk mencintai teknologi dari awal, menyukai teknologi dan bersemangat bahwa teknologi dapat membuka jalan bagi karir mereka,” ujar Dean Kamen, pendiri dan presiden FIRST Global.

Ini adalah pertama kalinya kompetisi robotik FIRST Global Challenge diselenggarakan dalam skala internasional. Tahun depan, kompetisi ini akan berlangsung di kota Mexico.

Sumber : voaindonesia

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Indonesia Raih Perak di Kompetisi Robot Internasional
Indonesia Raih Perak di Kompetisi Robot Internasional
https://3.bp.blogspot.com/-VXtkFDmc_RE/WXHcZ2J9BNI/AAAAAAAAA14/M2feeMG3iJQh4B_qrnYC7buLYgj2tG5iQCLcBGAs/s320/robotik%2Bdepok.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-VXtkFDmc_RE/WXHcZ2J9BNI/AAAAAAAAA14/M2feeMG3iJQh4B_qrnYC7buLYgj2tG5iQCLcBGAs/s72-c/robotik%2Bdepok.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/07/indonesia-raih-perak-di-kompetisi-robot.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/07/indonesia-raih-perak-di-kompetisi-robot.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock