Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Mahasiswa Unand Temukan Alat Pengukur Kematangan Buah

Buah yang memiliki kulit menutupi seluruh isi sulit sekali untuk melihat tingkat kematangannya. Penjual yang sudah mahir dalam hal perbua...

Buah yang memiliki kulit menutupi seluruh isi sulit sekali untuk melihat tingkat kematangannya. Penjual yang sudah mahir dalam hal perbuahan pun tak jarang salah tebak tingkat kematangannya. Biasa buah yang sulit ditebak kematangannya itu terjadi pada semangka dan melon. Kini untuk menjawab semua itu, tiga orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas menemukan alat baru untuk mengetahui tingkat kematangan buah. Mereka adalah Aliman, Yolta Alza Putra dan Ardillah Anggraini Sirtin. Ketiga mahasiswa ini memrakarasai buah tersebut di bawah bimbingan dosen Khandra Fahmi PhD. 

Aliman bersama rekannya menamakan alat dengan Rang Bagak. Rancang Bangun Alat Deteksi Kematangan Buah Melon dan Semangka. Alat ini menggunakan sensor suara KY-037 berbasis microkontroler ATmega 328. "Pembuatan alat ini dilatarbelakangi kebiasaan masyarakat yang menentukan tingkat kematangan buah dilakukan secara konvensional, yaitu mengetuk buah tersebut. Hal ini menghasilkan bunyi yang bisa menentukan apakah buah tersebut matang atau tidak," ujar Aliman seperti yang dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group). 

Dia menyebut, kebiasaan yang sudah turun temurun itu sudah diakui ketepatannya. Sayangnya, di samping tingkat pendengaran setiap orang berbeda sehingga ketepatan menebak tingkat kematangan buah tidak sepenuhnya efektif. "Lebih-lebih bila tak tepat, bisa mengakibatkan kualitas buah menjadi menurun,” tambah dia. 

Berawal dari persoalan inilah, ketiga mahasiswa itu dipandu dosen pembimbing berupaya mencarikan jalan keluar atas persoalan tersebut. Maka dirancanglah teknologi tepat guna membantu petani dalam menentukan tingkat kematangan buah secara akurat. “Teknologi ini mampu mendeteksi kematangan buah secara objektif dan skala yang digunakan jelas. Sehingga mutu dan kualitas buah melon maupun semangka meningkat,” tukas dia. 

Alat ini sendiri dikerjakan di Laborotarium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian Unand. Alat itu juga dirancang berdasar hubungan antara frekuensi suara yang dihasilkan dengan parameter mutu buah. Apakah merujuk total padatan terlarut, kadar air dan kekerasan buah. Sementara komponen alat itu berupa box yang terdiri dari sensor, rangka utama box, LCD, tombol on/off, tombol pilihan semangka dan melon. 

Sedangkan komponen kedua berupa bandul pengetuk buah melon. “Alat pendeteksi kematangan buah melon dan semangka ini akan bekerja optimal, jika keadaan lingkungan atau ruangan pada saat pendeteksian tidak bising atau suara yang ada sedikit sekali,” jelas dia. Aliman berharap lewat alat ini dapat membantu petani menentukan tingkat kematangan buah semangka dan melon secara lebih tepat dan akurat. Selain itu, alat ini juga dapat membantu konsumen dalam menentukan buah yang matang di pasaran. 

Terpisah, Khandra Fahmi sang dosen pembimbing menyebutkan, penelitian itu didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC). PKM-KC ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kreativitas, serta inovatif mahasiswa dalam ilmu dan teknologi yang dapat diterapkan di tengah-tengah kehidupan masyarakat maupun dalam dunia usaha. “Program ini bersifat konstruktif dan harus menghasilkan suatu design, sistem dan model atau sejenisnya,” ungkapnya. Diakuinya alat ini masih perlu disempurnakan lagi. “Ke depan, kita berupaya mengembangkan alat ini agar lebih bagus lagi. Tak hanya terhadap semangka atau melon, namun juga bisa dimanfaatkan guna menentukan kualitas buah lainnya,” ujarnya. 

Sementara itu, Rektor Unand Tafdil Husni menyambut baik hasil ciptaan mahasiswa Unand ini. Pihaknya, jauh-jauh hari sudah mendorong mahasiswa agar bisa berkreasi menghasilkan alat-alat bermanfaat kepada masyarakat. “Kita akan support ini, sehingga ke depan bisa lebih akurat lagi,” pungkasnya.

Sumber: JawaPos

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Mahasiswa Unand Temukan Alat Pengukur Kematangan Buah
Mahasiswa Unand Temukan Alat Pengukur Kematangan Buah
https://1.bp.blogspot.com/-XXr7Fu3F_14/WW9ZhWsoaMI/AAAAAAAAA1E/ibOUowOYrxkCG_AZHviL27jLVXRObQD-ACLcBGAs/s320/mahasiswa-unand-temukan-alat-pengukur-kematangan-buah_m_145188.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-XXr7Fu3F_14/WW9ZhWsoaMI/AAAAAAAAA1E/ibOUowOYrxkCG_AZHviL27jLVXRObQD-ACLcBGAs/s72-c/mahasiswa-unand-temukan-alat-pengukur-kematangan-buah_m_145188.jpeg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/07/mahasiswa-unand-temukan-alat-pengukur.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/07/mahasiswa-unand-temukan-alat-pengukur.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock