Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Eka Erawati Guru BK Berprestasi, Dekat dengan Siswa Hingga Melek Medsos

Berprofesi sebagai Guru BK (bimbingan dan konseling) setidaknya ada empat bidang layanan yang harus dirasakan oleh murid. Yakni, layanan pr...

Berprofesi sebagai Guru BK (bimbingan dan konseling) setidaknya ada empat bidang layanan yang harus dirasakan oleh murid. Yakni, layanan pribadi, sosial, belajar, dan karir. ”Empat layanan itu yang tidak begitu dikenal siswa. Jadi, mereka melihat guru BK seolah menyeramkan," ujar Eka Erawati (34) Perempuan yang lahir di Purbalingga tersebut.

Sehari hari Istri Hendy Nurrokhmansyah tersebut, menjadi guru BK di SMPN 6 Surabaya. Torehan prestasi yang sangat membanggakan salah satunya, Juara I Desain Rencana Program Pembelajaran (RPP) Bidang Bimbingan dan Konseling Tingkat Kota Surabaya 2016.  Yang mengantarkannya menjadi  Instruktur nasional program guru pembelajar bidang BK hingga sekarang. Selain meraih beasiswa S-2 Psikologi Unair, Eka juga pernah mewakili Pemkot Surabaya untuk program teacher capacity training di Dong-Eui University Busan, Korea, 2014.

Inovasi Pembelajaran

Lantaran tiap tahun siswa ikut pertandingan Developmental Basketball League (DBL), Eka memberi mereka tugas. Terutama siswa kelas VIII dan IX. ”Saya minta silakan ke DBL, list ada berapa macam profesi di sekitar DBL Arena,” ujarnya. Desain pembelajaran itu menjadi juara I lomba Rencana Program Pembelajaran (RPP) Dispendik Kota Surabaya pada 2016. 

Tentu, ada ratusan profesi di lingkungan DBL Arena. Ada pemain basket, wasit, reporter, kamerawan, dan sebagainya. Belum lagi di gedung Graha Pena dan sekitarnya. Yang pasti, melalui BK, Eka mengintegrasikan minat dan hobi anak. Juga, menyinergikan dengan target dari BK. ”Jadi, contextual learning, bukan sekadar ceramah di kelas,” katanya.


Pendekatan Siswa
Kreatifitas dan mengikuti perkembangan jaman menjadi salah satu kunci rahasia kesuksesan Eka. Bagaimana beliau kemudian memanfaatkan medsos untuk mencari potensi siswanya. ”Ambil dialog inspiratif dari film itu,” katanya. 

Bisa juga melalui media YouTube. Eka menjadi tahu tentang youtuber yang diikuti banyak anak baru gede (ABG). Dia juga jadi paham mengapa siswa senang mem- follow artis tertentu, apa yang disuka dari artis itu, dan sebagainya. 

Sehingga Eka, bisa berinteraksi dengan siswa SMP dan tentunya bisa lebih bijak dalam memberikan arahan lewat berbagai media.

COMMENTS

Name

Berita Cermin Edusiana Event informasi Karya Siswa Konsultasi Parenting Populer Prestasi
false
ltr
item
Official Sekolah Indonesia: Eka Erawati Guru BK Berprestasi, Dekat dengan Siswa Hingga Melek Medsos
Eka Erawati Guru BK Berprestasi, Dekat dengan Siswa Hingga Melek Medsos
https://1.bp.blogspot.com/-ZvZBlf7PwIA/WbJtMEizIOI/AAAAAAAAA_U/Erq1bRqv-UYf297Cj1uYUSC-ufFA2uJ7wCLcBGAs/s320/guru%2Bberprestasi%2B.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZvZBlf7PwIA/WbJtMEizIOI/AAAAAAAAA_U/Erq1bRqv-UYf297Cj1uYUSC-ufFA2uJ7wCLcBGAs/s72-c/guru%2Bberprestasi%2B.jpg
Official Sekolah Indonesia
http://www.sekolahindonesia.id/2017/09/eka-erawati-guru-bk-berprestasi-dekt.html
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/
http://www.sekolahindonesia.id/2017/09/eka-erawati-guru-bk-berprestasi-dekt.html
true
4309508905467340601
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock